Wednesday, March 23, 2011

Jaringan Komputer

Definisi Jaringan Komputer :
sekumpulan komputer/device yg saling terhubung dan dapat berkomunikasi satu sama lain, termasuk didalamnya adalah berbagi sumber daya (resources) dan berbagi informasi.

Tujuan adanya jaringan komputer:
-mempermudah komunikasi (email, chat, VoIP, teleconference)
-sharing hardware
-sharing informasi (file, data)
-sharing software (Citrix, menjalankan aplikasi remote)

Pembagian jaringan komputer berdasarkan media koneksi
1.Wired : menggunakan kabel
  • Twisted Pair : kabel yg terbuat dari tembaga, berisi 4 pasang kabel (4 twisted pair). Dibuat 'twisted' (saling melilit) agar dapat mengurangi crosstalk. Ada 2 jenis, yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dan Unshielded Twisted Pair (UTP).
  • Coaxial : seperti kabel antena TV.
  • Fiber Optic
2.Wireless : menggunakan gelombang radio
  • Infrared
  • Microwave
  • Satelit
  • Wireless LAN
Pembagian jaringan komputer berdasarkan luas area
1. LAN (Local Area Network)
jaringan yg menghubungkan beberapa device pada satu area geografis terbatas, misalnya rumah, lab komputer, dan sekolah. Radius jaringan ini dibawah 10 km. Umumnya digunakan kabel sbg media koneksinya.

2. PAN (Personal Area Network)
jaringan yg menghubungkan beberapa device namun digunakan oleh 1 user, misalnya komputer-printer, komputer-smart phone, dst. Biasanya radius jaringan ini kurang dari 10 meter, dan bisa menggunakan media koneksi kabel maupun wireless (bluetooth, infrared).

3. WAN (Wide Area Network)
jaringan komputer yg mencakup area geografis yg luas misalnya kota atau negara. Media koneksinya merupakan gabungan atara wired dan wireless. Radius jaringan ini diatas 100 km.

4. Enterprise Private Network
jaringan komputer yang dibuat oleh sebuah perusahaan untuk menghubungkan site-site perusahaannya dengan tujuan berbagi informasi dan resource. Misalnya head office di Surabaya, production plant di Sidoarjo, marketing office di Jakarta.

5. Virtual Private Network (VPN)
bentuk jaringan komputer dimana pada links antar node menggunakan koneksi virtual dari jaringan yg lebih besar, misalnya internet.

Pembagian jaringan komputer berdasarkan topologinya
1. Point to point
Satu node hanya bisa berkomunikasi dgn node yg bersebelahan. Jarak antar node ini dinyatakan dalam satuan hop, yaitu jumlah koneksi dari source sampai destination. Bila ada node yg perlu berkomunikasi dgn node yg tidak bersebelahan, maka dia akan mengirimkan data ke node yg bersebelahan dan akan diteruskan ke node sebelahnya lagi dst. Cara seperti ini disebut bridging atau routing. Ada 3 jenis topologi point to point, yaitu:
  • Star, cirinya adalah jaringan ini memiliki satu hub yg terkoneksi ke semua node, shg semua aliran data akan melalui hub ini.
  • Loop, merupakan topologi star yg dimodifikasi, tidak memiliki hub namun setiap node saling berhubungan satu sama lain.
  • Tree, topologi yg disusun scr hirarkial. Ada sebuah root node yg terkoneksi ke device di level 2, dan device di level 2 ini terkoneksi ke level 3, dst.
2.Broadcast Network
Terdiri dari beberapa nodes yg menggunakan satu channel komunikasi. Data yg dikirim akan diterima oleh semua node lain, dan node penerima akan membaca address tujuannya. Node tujuan akan merespon apabila alamat tujuannya cocok dgn diri mereka. Ada 3 jenis topologi broadcast, yaitu :
  • Bus, semua node terkoneksi ke satu channel, contohnya pd coaxial ethernet.
  • Ring, semua node terkoneksi ke satu ring. Data akan ditransfer dari node ke node yg terhubung dgn ring.
  • Satellite, satelit akan melakukan broadcast data ke stasiun-stasiun yg ada di bumi, dan akan dilakukan receiving oleh stasiun bila ia memerlukan data yg di broadcast oleh satelit.
Pada broadcast network, ada 3 jenis message:
-Unicast message, ditujukan pada satu penerima saja
-Multicast message, ditujukan pada sekelompok penerima
-Broadcast message, ditujukan pada semua node yg ada di jaringan.

Referensi

No comments:

Post a Comment