Tuesday, April 12, 2011

Metode Komunikasi

1. Serial
Metode transmisi data dimana bit-bit penyusun data ditansmisikan secara berurutan, satu bit setiap satuan waktu (one bit at a time). Metode ini dibagi lagi mjd 3 jenis :

  • · Synchronous
    Selalu ada sinkronisasi antara pengirim dan penerima data, apakah sebuah data sudah selesai dikirim. Pengirim dan penerima data saling berkomunikasi satu sama lain selama pengiriman data berlangsung.
  • · Asynchronous
    Disebut juga start stop transmission, karena data akan dikirimkan secara terpotong-potong dan pada setipa potongan tsb diawali oleh start bit dan diakhiri oleh stop bit. Data dapat dikirimkan kapan saja, tanpa penerima harus tahu apakah ada data yg akan dikirimkan. Penerima juga tidak mengetahui berapa panjang data yg dikirimkan.
  • · Isochronous
    Digunakan untuk komunikasi video, dimana diperlukan kecepatan yg konstan (CBR – Constant Bit Rate) dan bandwidth yg teralokasi secara penuh. Aliran data akan berlangsung secara continue dan uninterrupable.

2. Paralel
Metode transmisi dimana pada satu saat yg sama ditransmisikan semua bit penyusun data pada channel yg berbeda (one group of bits at a time).

Pada waktu yg sama untuk mentransmisikan 1 bit melalui line serial, kita dapat mentransmisikan 8 bit atau lebih pada line paralel.

1 comment:

  1. Buy TI - Home - Titanium Arts - Online Trade in China
    Buy TI - Home - TI - Home silicone dab rig with titanium nail - TI - Home - titanium necklace TI - Home - TI - Online Trade in China. revlon titanium max edition We export and provide products such as TI - Home - TI - titanium nose hoop Home - TI - Home fallout 76 black titanium - TI -

    ReplyDelete