Thursday, April 7, 2011

Model Jaringan Komputer (Baru)

Client Server
Pada model ini jaringan komputer solah-olah dibagi menjadi 2 bagian, yaiti Client Side (Front End) dan Server Side (Back End). Tugas client side adalah memberikan user interface kepada pengguna agar lebih mudah dalam melakukan request ke jaringan. Tugas server side adalah menerima request tadi dan memprosesnya, lalu memberikan hasil proses ini ke client side.

Contoh : Seseorang yang bekerja menggunakan MS.Word dan mencetak hasilnya pada network printer.

Model client server sangat ideal untuk software yang memerlukan database, karena database cukup diinstal pada server saja, sedangkan aplikasinya diinstal pada client.

Peer to Peer
Pada model ini setiap host berperan sebagai server dan sebagai client pada aplikasi yg sama.

Contoh : Napster, Kazaa, Gnutella, Bit Torrent

Web Based
Seperti model client server namun komunikasinya menggunakan "bahasa" HTTP. Perangkat yang digunakan biasanya disebut dengan istilah Network Appliances, dimana perangkat ini sangat bergantung kepada provider/penyedia layanan (ASP-Application Service Provider atau CSP-Content Service Provider)

Contoh : Aplikasi web yg menggunakan ASP (Active Server Pages) atau PHP. Script PHP akan dijalankan di server side (Apache atau IIS), sementara script yg berjalan di client side akan dijalankan oleh web browser.

No comments:

Post a Comment